Senin, 01 Agustus 2011

Model Atom Bohr/ Mekanika Kuantum/Modern

MODEL ATOM BOHR

====================================

Dari hasil percobaan spektrum cahaya yang diuraiakan menjadi berbagai warna panjang gelombang merah,jingga,kuning, hijau, biru, ungu disebut spektrum kontiju. Sedangkan spektrum atom hidrogen bersifat diskontiju karena menghasilkan beberapa warna saja.(spektrm garis. perpindahan elektron dari kulit)

http://www.mhhe.com/physsci/chemistry/essentialchemistry/flash/linesp16.swf


dari hasil percobaan tersebut, pada tahun 1913 Bohr mengemukakan bahwa:

1. Electron dalam atom hydrogen bergerak mengelilingi inti pada orbit dengan jarak tertentu dan tingkatan energi tertentu pula.

2. Selama elektron mengelilingi inti maka elektron tidak akan kehilangan energi. Elektron hanya kehilangan atau mendapatkan energi pada saat dia berpindah dari satu orbit ke orbit yang lain, energi akan diabsorbsi atau diemisikan dalam bentuk radiasi elektromagnetik dengan frekuensi tertentu.

3. Untuk menjelaskan model atomnya ini Bohr menggunakan atom hydrogen sebagai model, dia mampu menghitung radius setiap orbit yang ada di atom hydrogen sekaligus menghitung tingakatan energinya, dan yang lebih penting lagi hal ini sesuai dengan kisaran data hasil eksperimen yang ditunjukan oleh spectrum garis atom hydrogen.

Tingkatan energi dalam atom hydrogen dihitung dengan rumus:

E = -2.178×10-18 J ( Z2/n2

Beberapa gambar atom Bohr

http://www.visionlearning.com/library/flash_viewer.php?oid=1347&mid=51


MODEL ATAOM MEKANIKA KUANTUM

Teori mekanika kuantum mempunyai persamaan dengan teori atom Niels Bohr dalam hal tingkat-tingkat energi atau kulit-kulit atom, tetapi berbeda dalam hal bentuk lintasan atau orbit tersebut. dalam teori atom mekanika kuantum, posisi elektron adalah tidak pasti. hal yang dapat ditentukan mangenai keberadaan elektron di dalam atom adalah daerah dengan peluang terbesar untuk menemukan elektron tersebut. daerah dengan peluang terbesar itu disebut orbital. gambaran sederhana dari model atom mekanika kuantum seperti di bawah ini







Tidak ada komentar:

Poskan Komentar